Sejarah PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta

Sejarah PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta
Typography

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) bidang Seni dan Budaya sebelumnya bernama Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (PPPG) Kesenian Yogyakarta.

PPPG Kesenian Yogyakarta mengawali kegiatan sebagai Proyek Peningkatan Pengembangan dan Penataran guru Kesenian pada tanggal 1 September 1983 bertempat di Dalem Ngadiwinatan, Alun-alun Selatan Kraton Yogyakarta. Kegiatan layanan perkantoran secara resmi pindah ke lokasi yang baru di Klidon, Sukoharjo Ngaglik, Sleman, Yogyakarta sejak tanggal 2 Januari 1988.

Berdasarkan SK Mendikbud Nomor 0529/O/1990/ tertanggal 14 Agustus 1990, secara resmi Proyek PPPG Kesenian menjadi UPT (Unit Pelaksana Teknis) di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dengan nama Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (PPPG) Kesenian Yogyakarta.

Tugas dan fungsi utama adalah membina mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru pada Sekolah Menengah Kejuruan kelompok Seni dan Kerajinan (SMK-SK) se Indonesia.

Mengacu pada Peraturan menteri Pendidikan Nasional Nomor 8 Tahun 2007, PPPG Kesenian Yogyakarta berubah nama menjadi Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) bidang Seni dan Budaya, selanjutnya berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2012, bahwa Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam peraturan ini disebut P4TK adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS