UPT Kemdikbud DIY Gelar Pekan Pendidikan Jogja 2019

Panitia Pekan Pendidikan Jogja saat menggelar Konfrensi Pers

P4TKSB
Typography

DALAM rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud DIY kembali menggelar serangkaian kegiatan pendidikan dan kebudayaan bertajuk Pekan Pendidkan Jogja 2019 pada 1-4 Mei 2019, dipusatkan di Museum Benteng Vredegurg Yogyakarta.

 

Ketua Panitia Dr Sarjilah MPd dalam konfrensi pers, Kamis (25/4) di Ruang Audiovisual Museum Benteng Vredeburg menjelaskan, Pekan Pendidikan Jogja diisi berbagai kegiatan yang melibatkan sekolah, komunitas pendidikan dan masyarakat umum. Kegiatan ini di antaranya pameran pendidikan, bazar buku, parade band, pentas budaya, seminar, talkshow dan workshop dengan berbagai tema, pemutaran film dan bioskop keliling, lomba melukis dan mewarnai serta bedah buku.
Pekan Pendidikan Jogja menurut rencana dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Muhajir Effendy MAP pada 1 Mei pukul 15.00 WIB. Pembukaan dimeriahkan dengan parade Marching Band SD dan PAUD, membatik massal dilakukan siswa SD dan SMP dengan kain dengan panjang total 200 meter dan beberapa unjuk karya seni dari berbagai sekolah.
Selain diprakarsai 11 UPT Kemendikbud yang ada di DIY, Pekan Pendidikan Jogja itu juga didukung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY serta Disdikpora kabupaten dan kota di DIY. Untuk menyukseskan acara, Panitia juga menggandeng Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DIY, Perpusda DIY, berbagai sekolah dan lembaga pendidikan serta komunitas pendidikan yang ada di DIY.
Adapun 11 UPT yang menyelenggarakan kegiatan tersebut terdiri dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, PPPPTK Seni dan Budaya, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DIY, Museum Benteng Vredeburg, Balai Bahasa, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), Balai Arkeologi, Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas serta SEAMEO QITEP in Mathematics (SEAQIM).
Sarjilah berharap rangkaian kegiatan Pekan Pendidikan Jogja bisa dinikmati dan diapresiasi secara luas oleh masyarakat. “Ada dua panggung pentas budaya dan parade band, yakni di dalam dan di area parkir Benteng Vredeburg yang terbuka untuk umum. Disamping pameran pendidikan yang disemarakkan dengan game-game dan simulasi interaktif melibatkan pengunjung,” terangnya.
Adapun rangkaian kegiatan Pekan Pendidikan Jogja 2019 terdiri dari:

1. Pameran Pendidikan yang diikuti oleh 11 UPT, Sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, dan Komunitas pemerhati pendidikan;

2. Pameran Buku dan Bazar Buku Murah di bawah koordinasi IKAPI;

3. Seminar/Talkshow/Dialog yang akan dilaksanakan secara parallel di 3 ruangan setiap pagi (9.00 – 12.00) dan sore (14.00 – 16.00);

4. Workshop Pendidikan yang dilaksanakan secara parallel di depan 11 booth Pameran UPT Kemdikbud;

5. Pemutaran 6 judul Film Pendidikan pada Bioskop Keliling di Benteng Vredeburg dan sekolah-sekolah se-Provinsi DIY;

6. Pagelaran Seni Budaya yang dipersembahkan oleh pelajar sekolah se-Provinsi DIY. Pagelaran Seni Budaya merupakan kerjasama 11 UPT, Disdikpora Provisi DIY, dan 5 Disdikpora Kabupaten/Kota se-DIY:

7. Sepeda santai 11 UPT Kemdikbud se-DIY pada tanggal 1 Mei 2019 dengan rute “Napak Tilas Perjalanan Hidup Bapak Pendidikan Nasional: Ki Hadjar Dewantara”;

8. Parade Marching Band oleh 5 SD/PAUD sebanyak 250 orang anak pada tanggal 1 Mei 2019;

9. 100 siswa membatik 200 meter pada tanggal 1 Mei 2019;

10. Aktivitas matematika outdoor bersama siswa(i) SD, SMP, dan SMA se-DIY;

11. Kegiatan kolosal mewarnai, melukis, dan dolanan anak oleh siswa(i) se-DIY;

12. Parade Band oleh pelajar SMP, SMA, dan SMK se-DIY; dan

13. Mendongeng interaktif/tutorial bersama siswa(i) PAUD se-DIY.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS