Lanjutkan Kerja Sama, Delegasi Fiji Kunjungi PPPPTK SB

Delegasi Fij foto bersama dengan pejabat struktural PPPPTK SB

P4TKSB
Typography

FIJI mengirimkan delegasi ke Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidkan Seni dan Budaya (PPPPTK SB), Jumat (15/12) untuk melanjutkan kerja sama di bidang kerajnan, khususnya bambu. Kedua belah pihak sebelumnya telah menjalin kerja sama selama hampir satu tahun.

Rombongan delegasi Fiji yang berjumlah 9 orang, dipimpin Sekretaris Tetap Kementerian Sosial dan Perempuan Fiji PS Dr Josefa Koroivueta. Kedatangan mereka dipandu staf Kedutaan Fiji di Indonesia, Pauliasi Tokoyasa. Rombongan diterima pejabat struktural PPPPTK SB. 

Rombongan delegasi Fiji itu juga mengunjung pusat pembibitan bambu Nusa Verde Harjobinangun Pakem dan pengrajin bambu di Cebongan Sleman serta menyempatkan berwisata ke Candi Prambanan.
Widyaiswara PPPPTK SB Drs FX Supriyono MDs yang sebelumnya sudah terlibat dalam kerja sama itu menjelaskan, pihaknya memang sudah pernah menjalin kerja sama denga pemerintah Fiji dengan mengirimkan konsultan kerajinan untuk melatih dan membimbing masyarakat, komunitas serta kalangan perguruan tinggi di Fiji dalam menghasilkan produk-produk kerajinan dengan bahan baku bambu.
“Kesulitannya di sana, tidak ada jenis bambu yang bagus sebagai bahan baku kerajinan seperti di Indonesia, misalnya bambu petung dan wulung. Untuk itu kita menggandeng Nusa Verde agar bisa menyuplai bibit bambu ke Fiji. Dan ini sudah mendapat respon positif dari delegasi yang dikirim ke sini, tinggal menunggu tindak lanjutnya,” beber Supriyono.
Sedangkan Josefa mengungkapkan pihaknya ingin melanjutkan pelatihan kerajinan bambu secara lebih luas lagi yang melibatkan lebih banyak warganya di berbagai wilayah di Fiji. “Bambu di Fiji selama ini lebih banyak hanya untuk membuat rakit dan kelengkapan upacara adat berupa tiang bendera yang bernama lotu-lotu. Kami ingin bambu lebih difungsikan sebagai bahan baku kerajinan untuk menambah nilai kegunaanya,” jelasnya. (Janu)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS