facebook40 twitter40 google40 pinteres40 youtube40 instagram40

Proteksi Kebakaran, PPPPTK SB Datangkan PT Kodamkar

Petugas dari PT Kodamkar memeragakan pengunaan APAR

P4TKSB
Typography

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) Yogyakarta mendatangkan petugas dari PT Komando Pemadam Kebakaran (Kodamkar) Yogyakarta untuk memberikan penyuluhan terhadap proteksi kebakaran kepada sejumlah staf. Penyuluhan dilakukan di halaman PPPPTK SB pada Selasa (12/12/2017).

Selain memberikan penyuluhan cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), juga memperagakan cara pemadaman api secara tradisional dengan menggunakan karung goni yang dibasahi air, juga pemadaman secara modern menggunakan APAR. Sejumlah staf PPPPTK SB disaksikan Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PPPPTK SB Drs Rahayu Windarto MM, langsung melakukan praktik pemadaman dengan dua cara ini.
Manajer Umum PT Kodamkar Yogyakarta Saifudin menjelaskan, selama ini banyak instansi dan lembaga maupun perusahaan swasta yang mempunyai APAR hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan medapatkan perizinan. Namun tidak tahu cara penggunaannya yang benar. Selain itu APAR tidak dirawat sehingga banyak yang rusak.
“Salah satu tugas kami adalah menyadarkan masyarakat tentang pentignya penggunaan alat-alat seperti APAR untuk mencegah terjadinya kebakaran. Tindakan prefentif harus dilakukan untuk menghindari kebakaran ini. Jika terjadi kobakar api, harus segera dipadamkan dengan alat yang tersedia sebelum mendatangkan pemadam kebakaran,” ungkapnya. (Janu)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS