PPPPTK SB Jalin Kerja Sama dengan Nanjing Agricultural University

P4TKSB
Typography

UNTUK memperluas jaringan dan mengembangkan lembaga dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) Yogyakarta menjalin kerja sama dengan universitas tertua di China, yakni Nanjing Agricultural University (NAU).

Kedua belah pihak telah menyepakati beberapa poin kerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) dan telah ditandatangani pada Senin (15/5/2017) di ruang pameran PPPPTK SB. Pada penandatanganan MoU ini, pihak NAU langsung diwakili Vice President Prof Hu Feng, didampingi beberapa pejabat lainnya, yakni Prof Liu Zhimin, Chen Jie PhD dan Wei Wei. Sedangkan pihak PPPPTK SB diwakili kepalanya, Salamun SE MBA PhD, didampingi pejabat struktural dan jajaran fungsional.

Menurut Salamun, pada awal kerja sama nanti, NAU akan mendatangkan pengajar untuk mentransfer ilmunya kepada para widyaiswara di PPPPTK SB. Selanjutnya widyaiswara akan menularkannya kepada para guru binaan. “Atau bisa saja pengajar dari NAU langsung memberikan materi kepada para guru yang tengah mengikuti Diklat di sini,” jelasnya.

Kerja sama lainnya dalam bentuk pertukaran pengajar atau widyaiswara dan guru. Tujuan akhirnya PPPPTK SB diharapkan bisa mengirim guru NAU dengan beasiswa, yakni biaya hidup dan uang kuliahnya ditanggung pihak universitas. “Kita hanya menangung biaya transport ke sana saja. Sebaliknya kami nanti akan menanggung biaya hidup dan biaya pendidikan yang dikirim oleh NAU ke sini,” terang Salamun.

Ditambahkan Salamun, meski merupakan universitas pertanian, namun di NAU juga punya jurusan seni budaya, di antaranya tari, keramik, tekstil dan kulit. Pihaknya pun akan menjajaki lebih lanjut bidang-bidang atau mata pelajaran apa yang bisa dikerjasamakan. Sehingga dalam waktu dekat kemungkinan pihaknya akan melakukan kunjungan balasan ke NAU.

“Kami terus mendorong agar widyaiswara terus mengembangkan kreativitas dan memperluas wawasan, di antaranya dengan menjalin kerja sama seperti ini. Widyaiswara yang berkualitas ini dibutuhkan untuk bisa mendiklat guru agar sesuai dengan yang diprogramkan dan ditargetkan,” tandasnya.

Seusai menandatangani MoU, rombongan dari NAU meninjau beberapa studio yang ada di P4TK SB yang tengah melaksanakan Diklat Keahlian Ganda bagi guru dari berbagai wilayah di tanah air. Rombongan dari NAU ini pun terlibat diskusi dengan beberapa peserta Diklat Keahlian Ganda dan menyempatkan menyaksikan peserta Diklat Keahlian Ganda Bidang Keahlian Karawitan dan Seni Tari unjuk kebolehan. (Janu)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS