Diklat Instruktur Program Sertifikasi Keahlian Dan Sertifikasi Pendidik (Keahlian Ganda) Bagi Guru SMA/SMK

P4TKSB
Typography

Salah satu kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan adalah meningkatkan kualitas pendidik vokasi serta pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja dan dalam rangka penataan dan pemenuhan guru produktif di SMK,mulai tahun 2016 Ditjen GTK akan melaksanakan Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik bagi Guru SMK/SMA atau Program Keahlian Ganda Guru.  

 

Pentingnya Program Keahlian Ganda bagi guru SMK/SMA biasanya didasarkan pada hasil analisis data guru diSMK menunjukkan bahwa terdapat banyak kekurangan guru Produktif pada kompetensi keahlian tertentu,sedangkan sebagian kompetensi keahlian yang lain menunjukkan kelebihan dan didasarkan juga pada guru Profesional wajib memiliki sertifikat pendidik dan mengajar mata pelajaran sesuai sertifikat pendidik , minimal 24jam tatap muka perminggu.

Program Keahlian Ganda Guru atau Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik bagi Guru SMK/SMA dilaksanakan pada tanggal 21 Februari s.d. 02 Maret 2017,bertempat di PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta. Pesertanya berjumlah 28 orang terdiri dari staff PPPPTK Seni dan Budaya ,Guru SMK,Akademisi dari politeknis Seni Yogyakarta,ISI Yogyakarta,UAD Yogyakarta.

Program ini bertujuan untuk membekali calon Instruktur Program Keahlian Ganda dengan kompetensi Keahlian Produktif sehingga mampu menjadi fasilitator pada kegiatan In 1 dan In 2 dan juga memenuhi kebutuhan Instruksi Program Keahlian Ganda .

Hasil dari kegiatan ini peserta memiliki kompetensi sebagai Instruktur sesuai dengan bidangnya sebagai bekal untuk menjadi fasilitator pada kegiatan In 1 dan In 2 serta terpenuhinya Instruktur mata pelajaran produktif yang mampu melaksanakan proses pembelajaran bidang Seni dan Budaya,sedangkan dampaknya pelaksanaan Program Guru Keahlian Ganda In 1 dapat berjalan dengan lancar.(Vivi/Tea)

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS