Mendikbud Apresiasi Peran Pemprov Kalimantan Utara dalam Pendidikan

Pendidikan
Typography

Bulungan, Kaltara, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengapresiasi pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang telah berperan dan berkontribusi dalam dunia pendidikan. Kontribusi Pemprov Kaltara tersebut antara lain diwujudkan dengan menghibahkan tanah seluas 4 hektar di Kabupaten Bulungan, Kaltara, untuk pembangunan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Utara. Pemprov Kaltara juga meluncurkan program bantuan pendidikan “Kaltara Cerdas” untuk meningkatkan akses pendidikan di provinsi tersebut.

 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan LPMP,” ujar Mendikbud saat acara peletakan batu pertama LPMP Kaltara, di Desa Bumi Rahayu, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, (1/11/2016).
 
Ia mengatakan, LPMP Provinsi Kaltara akan dibangun pada tahun 2017 untuk membantu pemprov Kaltara dalam pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan di Kaltara.  
 
“Ke depan, Kemendikbud juga akan membangun P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan sekolah berasrama (boarding school) untuk membantu pengembangan pendidikan di Kaltara, khususnya pengembangan pendidikan di daerah terdepan, terluar dan tertinggal,” tutur Mendikbud.
 
Sebelumnya, dalam perjalanan menuju lokasi pembangunan LPMP Kaltara, Mendikbud juga sempat berkunjung ke SDN 02 Tanjung Selor. Di sana ia berdialog dengan para siswa dan kepala sekolah SDN 02 Tanjung Selor mengenai fasilitas pendidikan, didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad. Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud juga menyerahkan bantuan pendidikan untuk SDN 02 Tanjung Selor berupa bantuan dana untuk pembelian alat olahraga. Mendikbud juga berjanji akan membantu pembangunan perpustakaan di sekolah tersebut.
 
Kunjungan kerja Mendikbud dan rombongan kemudian berlanjut ke Universitas Kaltara untuk menghadiri peluncuran bantuan pendidikan “Kaltara Cerdas”. Peluncuran “Kaltara Cerdas” dihadiri Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, serta jajaran pemerintah daerah di Provinsi Kalimantan Utara. Unsur lain dari pemangku kepentingan di bidang pendidikan di Kaltara juga hadir dalam acara peluncuran tersebut, antara lain guru, kepala sekolah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) peduli pendidikan, dan mahasiswa.
 
Dalam sambutannya saat peluncuran “Kaltara Cerdas”, Mendikbud menyampaikan tiga fokus pemerintah di bidang pendidikan, yaitu perluasan akses pendidikan, penguatan pendidikan karakter, dan penguatan pendidikan vokasi. Terkait pendidikan vokasi, ia mengatakan, masa depan pendidikan vokasi harus benar-benar dapat menyiapkan tenaga kerja yang profesional dan berkarakter.
 

“Saya harap Kaltara dapat mengembangkan pendidikan vokasi yang hebat,” katanya. Setidaknya ada lima bidang prioritas dalam pendidikan vokasi sesuai arahan Presiden Joko Widodo, yaitu bidang maritim/kelautan, pertanian, ekonomi kreatif, pariwisata, serta teknologi dan rekayasa. (Seno Hartono/Desliana Maulipaksi)
Sumber : BKLM

Penulis : Seno Hartono/Desliana Maulipaksi
Editor : Anandes Langguana

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS