facebook40 twitter40 google40 pinteres40 youtube40 instagram40

Uji Porositas Stoneware Sukabumi dengan Campuran Serbuk Gergaji Kayu Sengon

Seni
Typography

Oleh: M. Fajar Prasudi, Setiap jenis tanah liat mempunyai sifat dan karakternya sendiri. Tanah liat Sukabumi merupakan salah satu jenis tanah liat Stoneware yang mampu dibakar sampai dengan1200°C. Selama ini tanah liat tersebut banyak dimanfaatkan dalam pembuatan keramik skala kecil maupun besar. Salah satu sifat tanah liat yang penting sebagai body keramik adalah porositas, yaitu daya serap terhadap cairan. Porositas sangat tergantung dari kerapatan dan besar pori-pori yang terdapat dalam dinding keramik.

Uji coba pembuatan keramik poros ataupun keramik berpori dalam eksprimen ini menggunakan serbuk gergaji kayu Sengon sebagai bahan pengembang pori-pori dinding keramik. Dalam eksperimen ini digunakan tanah liat dengan saringan mesh 60, dan serbuk gergaji kayu Sengon dengan saringan mesh 25. serbuk gergaji kayu Sengon yang digunakan sebagai campuran adalah sebesar 5%, 10%, 15% dan 20%. Pembakaran dilakukan pada suhu 894°C (Cone 10).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar pemakaian serbuk gergaji kayu Sengon yang digunakan akan meningkatkan atau memperbesar porositas body keramik. Hasil pengukuran porositas untuk pemakaian campuran serbuk gergaji kayu Sengon sebesar 5% adalah 7,26; untuk campuran serbuk gergaji Sengon 10% adalah 12,66%; campuran serbuk gergaji Sengon 15% adalah 23,04% dan campuran serbuk gergaji Sengon 20% adalah 39,91%.
Kata kunci: porositas, stoneware, gergaji kayu Sengon.

Materi lengkap dapat diunduh pada tautan berikut: Uji Porositas Stoneware Sukabumi dengan Campuran Serbuk Gergaji Kayu Sengon

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS